Selasa, 30 April 2013


Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
Suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetika dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web
Keuntungan Arsitektur Web :
-  sebuah web dapat tersusun terstruktur
-  dapat menyediakan tampilan desaign yang menarik
- dapat menyediakan mesin pencari sehingga para pengunjung web dapat mencari informasi dengan cepat
- dapat menyediakan tampilan form informasi dan kontak atau keanggotaan
- dapat membuat form tentang produk atau jasa, misalkan jumlah barang, harga barang, dan form penawaran barang

Kekurangan Arsitektur Web :
- dapat menyebabkan web tersebut berat untuk diakses
- harus diupdate setiap saat

Aplikasi web adalah fitur yang ditambahkan pada sebuah web untuk mebuat sebuah tata halaman web yang menarik. Aplikasi merupakan sebuah fitur-fitur yang disediakan oleh pembuat web untuk memaksimalkan penggunaannya

HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C)

HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir dari HTML saat ini adalah HTML5.
Sejarah dari standar HTML
- HTML 2.0 — (RFC 1866) disetujui sebagai standar 22 September 1995,
- HTML 3.2  14 Januari 1996,
- HTML 4.0  18 Desember 1997,
- HTML 4.01 (minor fixes) — 24 Desember 1999,
- ISO/IEC 15445:2000 ("ISO HTML", berdasar pada HTML 4.01 Strict) — 15 Mei 2000.
- HTML 5 masih dalam draft pengerjaan — Januari 2008.
Kegunaan HTML :
- Mengintegrasikan gambar dengan tulisan
- Membuat Pranala
- Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup
- Membuat form interaktif

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistemglobal Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atauHTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.[1]
Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.
Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.

Penjelajah web (Inggris: web browser), adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Pengidentifikasi Sumber Seragam (Bahasa Inggris: Uniform Resource Identifier (URI)) yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.
Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome,Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.
browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi document dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.
contoh browser antara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari
web browser merupakan suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu halaman web yang tersimpan di dalam computer. Pada awalnya web browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar, namun web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja tetapi juga dapat memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser berfungsi mengolah bahasa HTML sebagai input, dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informatif

Transaction merupakan pertukaran data dari database. Pertukaran data biasanya dilakukan untuk memperoleh suatu data pada sebuah database. Contohnya kita melakukan sharing data atau pertransferan data pada sebuah media website yang telah disediakan oleh web server,kemudian jika ingin mengambil sebuah data tersebut tentu saja kita harus melakukan transaction data seperti mengunduh data tersebut.
transaction juga meliputi join atau registrasi pada sebuah website atau media jejaring sosial, sebelum menjadi anggota atau member tentu saja kita terlebih dulu melakukan transaksi atau registrasi data ke web sever dari media tersebut

User-generated content (UGC) mencakup berbagai konten media yang tersedia dalam berbagai teknologi komunikasi modern. Memasuki penggunaan utama selama tahun 2005, setelah timbul dalam penerbitan web dan konten media lingkaran produksi baru. Hal ini digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk pengolahan masalah, berita, gosip dan penelitian dan mencerminkan perluasan produksi media melalui teknologi baru yang dapat diakses dan terjangkau untuk masyarakat umum. Semua teknologi media digital yang disertakan, seperti tanya jawab database, video digital, blogging, podcasting, forum, review-situs, jejaring sosial, media sosial, fotografi ponsel dan wiki. Selain teknologi ini, user-generated content juga dapat menggunakan kombinasi dari open source, perangkat lunak bebas, dan lisensi yang fleksibel atau perjanjian terkait untuk mengurangi hambatan kerjasama, keterampilan-bangunan dan penemuan ("'UGC'") juga mendapatkan popularitas selama dekade terakhir, karena semakin banyak pengguna telah mulai berdatangan ke media sosial dan "'konten berbasis'" berbagi mengutip.

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Sosial Network
Sosial network merupakan salah satu media komunikasi jaringan sosial. Sosial network bisa juga disebut jejaring sosial. Ditinjau dari segi perkembangan media jejaring sosial saat ini berkembang sangat pesat dan dikembangkan dengan berbagai jenis dan fungsi masing-masing
saat ini orang dimana saja dapat mengakses sosial network, sosial network di kembangkan di portable atau device atau berbasis web
contohnya saja android saat ini banyak sekali aplikasi sosial network yang disediakan oleh brand android seperti whatsapp, Line, WeChat, dan KakaoTalk, dll, kemudian dari system sosial network berbasis web yaitu facebook, twitter, yahoo
perkembangan sosial network saat ini meliputi tampilan grafik, sharing data, dan adanya perbedaan dari segi fungsi dari masing-masing sosial network, dan userfrendly

Semantic Web adalah gerakan bersama yang dipimpin oleh badan standar internasional, World Wide Web Consortium (W3C). Standar mempromosikan format data umum di World Wide Web. Dengan mendorong masuknya konten semantik dalam halaman web, Semantic Web bertujuan untuk mengkonversi web saat ini didominasi oleh dokumen tidak terstruktur dan semi-terstruktur menjadi "web data". Semantic Web tumpukan dibangun di atas W3C Resource Description Framework (RDF).

XML
XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam
XML merupakan kelanjutan dari 
HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet
XML didesain untuk mempu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi
XML menyediakan suatu cara terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen
Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan sembarangview 
database, tetapi dengan suatu cara yang standar

The Resource Description Framework (RDF) adalah spesifikasi keluarga World Wide Web Consortium (W3C) awalnya dirancang sebagai model data metadata. Ia telah datang untuk digunakan sebagai metode umum untuk deskripsi konseptual atau model informasi yang diimplementasikan dalam sumber daya web, menggunakan berbagai notasi sintaks dan format serialisasi data.

Microdata adalah spesifikasi HTML WHATWG digunakan untuk sarang semantik dalam konten yang ada pada mesin web pages.Search, web crawler, dan browser dapat mengekstrak dan memproses Microdata dari halaman web dan menggunakannya untuk memberikan pengalaman browsing yang lebih kaya bagi pengguna. Search engine manfaat dari akses langsung ke data ini terstruktur karena memungkinkan mesin pencari untuk memahami informasi pada halaman web dan memberikan hasil yang lebih relevan kepada pengguna. Microdata menggunakan kosakata yang mendukung untuk menggambarkan item dan pasangan nama-nilai untuk memberikan nilai pada sifat-sifatnya Microdata merupakan upaya untuk menyediakan cara sederhana annotating elemen HTML dengan tag dapat dibaca oleh mesin daripada pendekatan serupa menggunakan RDFa dan Microformats.

Microdata kosakata menyediakan semantik, atau makna dari Item. Web developer dapat merancang kosakata kustom atau menggunakan kosakata yang tersedia di web. Sebuah koleksi yang umum digunakan kosakata markup disediakan oleh skema Schema.org yang meliputi: user, Event, Organisasi, Produk, Review, Review-agregat, Breadcrumb, Penawaran, Penawaran-agregat. Mayor mesin pencari seperti Google, Microsoft dan Yahoo! mengandalkan markup ini untuk meningkatkan hasil pencarian. Untuk beberapa tujuan, kosakata yang ad-hoc memadai. Bagi yang lain, kosakata akan perlu dirancang. Bila memungkinkan, penulis didorong untuk kembali menggunakan kosakata yang ada, karena hal ini membuat konten lebih mudah digunakan kembali.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar